Seputar Peradilan

SOSIALISASI MAKLUMAT KETUA MAHKAMAH AGUNG

rapat intern

Pada hari Selasa tanggal 17 Oktober 2017, Panitera pengadilan Agama Bengkulu Agusalim, S.H., M.H. telah melaksanakan rapat intern kepaniteraan bertempat di Aula Utama Pengadilan Agama Bengkulu yang dihadiri oleh seluruh Panitera Muda dan Panitera pengganti serta Jurusita dan Jurusita Pengganti.

Dalam rapat intern tersebut Panitera Pengadilan Agama Bengkulu mensosialisasikan Maklumat Ketua Mahkamah Agung Nomor : 01/Maklumat/KMA/IX/2017 tanggal 11 September 2017.

Panitera mengatakan bahwa maksud dan tujuan diterbitkannya Maklumat Ketua Mahkamah Agung Nomor : 01/Maklumat/KMA/IX/2017 tersebut untuk menyikapi peristiwa yang mencoreng wibawa Mahkamah Agung akhir-akhir ini, agar para pimpinan Mahkamah Agung dan jajaran yang ada dibawahnya meningkatkan efektivitas pencegahan terjadinya penyimpangan dalam tugas dengan melakukan pengawasan dan pembinaan baik didalam maupun diluar kedinasan secara berkala.

Menurut maklumat tersebut, apabila Panitera/atasan tidak melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap bawahan, kemudian bawahan melakukan penyimpangan dalam melaksanakan tugas maka Panitera sebagai atasan langsungnya yang akan ditindak oleh Ketua, demikian juga para Panitera Muda apabila tidak melakukan pengawasan dan pembinaan secara berkala terhadap bawahannya maka yang berhak melakukan penindakan adalah atasannya yaitu Panitera.

Pada akhir rapat intern tersebut diadakan tanya jawab tentang permasalahan-permasalahan yang ada untuk dicarikan solusinya secara bersama sehingga tercapai visi dan misi Pengadilan Agama Bengkulu, salah satunya untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.